Inovasi tiada henti

Penyerahan penghargaan inovasi Tim Teknik

Penyerahan penghargaan inovasi Tim Teknik

2 Mei 2015

Dalam setiap pengarahan pagi kepada seluruh karyawan, Manajemen PT Nusantara Batulicin selalu mengingatkan bahwa inovasi dan kreativitas dari setiap individu di PT Nusantara Batulicin adalah penting dan diharapkan selalu muncul. Standar Operasional Prosedur, norma, instruksi manual, dan pengalaman dari Senior, boleh menjadi acuan kerja. Tetapi tidak boleh berhenti sampai disitu. Selalu dan selalu harus dicari jalan terbaik. Jangan pernah merasa puas.

Di Pabrik Karet Remah Karang Bintang, terdapat permasalahan tidak tercapainya kapasitas olah, salah satu penyebabnya adalah kapasitas drier yang tidak mungkin dapat memenuhi tuntutan kapasitas olah 3.0 ton per jam sebagaimana kapasitas pabrik terpasang. Sejak beroperasi tahun 2014, kapasitas drier tertinggi hanya 2,4 ton. Berbagai upaya telah dilakukan, mulai dari menambah volume trolley yang berakibat pada tidak ratanya kematangan SIR20 dan dengan menambah kecepatan drier yang berakibat SIR20 banyak yang mentah.

Sampai pada hasil pengamatan Mais Awaludin (Kepala Kerja Teknik Bengkel) dan Dwi Sugiantoro (Mekanik Listrik) yang mengamati adanya kehilangan waktu menunggu pada saat trolley keluar dari drier hingga siap dibongkar. Dari hasil pengamatannya, terdapat waktu menunggu 15 detik. Dengan sedikit modifikasi pada limit switch, waktu tunggu ini berhasil dihilangkan, dengan demikian terjadi penghematan waktu 15 detik per trolley. Dengan adanya penghematan waktu ini maka terjadi peningkatan kapasitas sebesar 300 kg per siklus trolley.

Keberhasilan Tim Teknik tersebut mendapatkan acungan jempol dari seluruh karyawan dan langsung mendapat apresiasi dari Manajemen PT Nusantara Batulicin.

Keberhasilan itupun semakin memicu semangat bersaing karyawan untuk menjadi karyawan yang terbaik, yang berada di perusahaan yang terbaik.

Yes!!! Kita Bisa!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *