faceApakah hidup sukses dulu baru bahagia? Atau sebaliknya : bahagia dulu baru hidup sukses?

Puluhan studi sudah menemukan jawabannya. Anda harus happy duluan sebelum meraih sukses. Bukan sebaliknya seperti yang selama ini kita pahami.

Happiness. Poitive feeling. Positive emotion. Ini ternyata kunci yang amat powerful dalam menentukan apakah Anda akan meraih sukses dalam hidup atau tidak.

Di pagi yang teduh ini, sambil menyeduh secangkir teh hangat, kita akan menelisik 10 dimensi kunci yang akan amat menentukan sejarah dan nasib hidupmu.

Beragam studi empirik yang telah dilakukan secara masif, mengkonfirmasi : insan yang selalu bisa memelihara “positive feeling” dalam sekujur raganya, terbukti akan lebih kreatif, lebih produktif, lebih memiliki ketangguhan mental, dan karenanya bisa meraih sukes hidup yang ingin diraihnya.

Sedemikian powerfulnya dampak “positive feeling” dalam meningkatkan kinerja seseorang, penelitinya sampai menuliskan bahwa mestinya narasi dan temuan ini terus menerus dikabarkan kepada banyak orang.

Pertanyaannya : 1) Apa saja dimensi kunci yang membentuk positive feeling? Dan 2) bagaimana cara menumbuhkan positive feeling itu dalam segenap raga kita?

(Dalam sajian ini kita akan menjawab secara tuntas pertanyaan pertama. Dalam sajian minggu depan kita akan coba menjelajah jawaban pertanyaan kedua. Simak baik-baik seri tentang “the science of happiness” ini; sebab dampaknya bisa begitu masif dalam perjalanan hidupmu hingga puluhan tahun ke depan).

Dari serangkaian studi empirik yang bersifat saintifik, terkuak 10 elemen kunci yang menjadi pembentuk positive feeling dalam jiwa kita. Dus, jika kita mau derajat positive feeling kita mekar, maka 10 elemen ini perlu terus direngkuh dengan sepenuh hati.

Berikut 10 dimensi utama yang bersifat ampuh dan menjadi pembentuk your positive feeling and attitude.

#1 : JOY. Joy adalah keriangan dan kegembiraan hidup. Anda menemukan joy saat berhasil menyelesaikan ujian dengan hasil memuaskan; atau saat mendapat promosi karir; atau saat cintamu diterima oleh sang pujaan hati; atau mungkin saat anak pertama-mu lahir dengan selamat; atau saat kamu bersama teman-teman lama bertemu dan wisata bersama ke Bali.

Joy adalah beragam kepingan aktivitas yang bisa membuat hatimu riang. Yang bisa membuat hatimu sumringah.

#2 : Gratitude.Ini adalah rasa syukur yang terus mengalir kepada Sang Pencipta. Dengan sepenuh rasa kepasrahan dan terima kasih tiada terhingga kepadaNYA.

Rasa syukur akan helaan nafas yang masih kamu hirup; atas rumah yang kamu tinggali; atas keluarga sakinah yang bisa Anda bangun; atas rezeki halal dan barokah yang engkau terima; atau atas karunia ilmu yang kamu dapatkan setelah membaca sebuah buku bagus.

Studi ilmiah menunjukkan : derajat kebahagiaan dan produktivitas kerjamu akan naik berbanding lurus dengan frekuensi ritual rasa syukur yang kamu lakukan. Camkan selalu temuan ini.

#3 : Serenity. Ini adalah sejenis rasa teduh dan damai yang bersemayam dalam hatimu.

Rasa teduh dan damai saat melihat keheningan pagi hari yang tenang; atau saat melihat pemandangan alam yang hijau dan menentramkan; atau saat engkau menikmati tetesan air wudhu di keheningan fajar sebab dirimu hendak shalat tahajud; atau saat ketenangan batin yang kamu temui saat kamu mengaji pada jam 4 dinihari sebelum berangkat shalat subuh ke masjid.

Serenity adalah momen-momen yang bisa membuat rasa damai dan keteduhan singgah dalam raga dan batinmu.

# 4 : Interest. Interest adalah tentang apa minat atau hobi-mu. Tentang apa saja yang menarik perhatianmu. Makin tinggi kesempatan dirimu untuk mengekspresikan apa yang menjadi minatmu, makin bagus.

Bekerja misalnya. Karena ini adalah aktivitas yang paling banyak menyita waktu kita di saat tidak tidur, maka akan jauh lebih indah saat kita bisa bekerja dalam bidang yang kita minati.

Do what you love. Love what you do. Beragam riset menunjukkan, kinerja puncak lebih mudah digapai saat kamu melakukan aktivitas atau pekerjaan yang benar-benar menarik minat dan perhatianmu.

#5 : HOPE. Hope adalah tentang harapan. Harapan bahwa nasib hidupmu akan menjadi lebih baik, harapan bahwa kesejahteraan dan kekayaanmu bisa pelan-pelan meningkat serta sekeping harapan bahwa karir atau gajimu bisa terus merayap naik.

Atau juga harapan bahwa anak-anak Anda kelak akan menjadi insan yang sukses lahir dan batin; daan harapan bahwa segenap impian indahmu itu suatu hari bisa menjadi kenyataan.

Harapan adalah sekeping asa yang membuat kamu masih merasa terus bersemangat untuk meneruskan hidup.

#6 : Pride. Pride adalah sekeping rasa bangga. Perasaan bangga atas apa yang pernah kamu capai dalam hidup. Bangga atas sumbanganmu bagi kehidupan di sekelilingmu agar menjadi lebih baik. Atau bangga atas apa yang telah ayah dan ibu-mu perjuangan demi masa depan anak-anaknya. Atau juga bangga bahwa sekarang anak-anakmu sudah beranjak remaja dan masih bisa terus sekolah dengan prestasi yang baik.

Pride akan membuat Anda punya self-esteem yang kokoh; membuat ketangguhan mental dan martabat dirimu terus bergerak naik.

#7 : Amusement. Ini adalah tentang canda tawa. Seberapa banyak anda bisa tersenyum dan tertawa sepanjang hari. Atau kapan terakhir Anda tertawa di hari ini?

Anda bisa tertawa karena banyak hal : karena teman Anda yang jenaka dan suka guyon, karena tayangan video lucu di Youtube, atau karena meme keren tentang kota Bekasi; atau mungkin karena sebuah artikel lucu yang Anda baca via facebook.

Tertawa itu sehat. Dan orang yang sering tertawa biasanya lebih panjang umur 🙂

#8 : Inspiration. Inspirasi. Ini adalah tentang seberapa sering Anda merasa terinspirasi dalam rutinitas kehidupanmu. Mungkin Anda terinspirasi oleh kegigihan ayah dan ibumu dalam membesarkan anak-anaknya. Mungkin Anda pernah terinspirasi dengan kisah nyata yang muncul di sebuah acara televisi. Atau mungkin juga Anda terinspirasi oleh dedikasi guru Anda dulu saat sekolah SMP.

Atau mungkin ini : berkali-kali Anda terinspirasi setiap Senin pagi, karena Anda membaca sebuah blog inspiratif yang dikelola oleh seseorang yang entah Anda lupa siapa namanya.

#9 : Awesomeness. Ini adalah tentang rasa keterpanaan, tertegun dan ketakjuban. Rasa takjub dan terpana karena mungkin melihat kebesaran Sang Ilahi saat Anda berjalan-jalan di sebuah pantai yang elok dan ombak laut yang membuih. Atau mungkin takjub saat Anda melihat danau Bedugul yang begitu indah.

Atau mungkin kita terpana oleh hal-hal yang tampaknya kecil tapi bermakna : tentang daun-daun yang berguguran di sore hari, tentang tetesan air hujan yang turun saat pagi yang dingin, atau mungkin sekedar takjub dengan suara kicau burung di kebun belakang rumah.

#10 : Love. Dimensi yang terakhir ini adalah tentang cinta penuh kasih sayang pada sesama dan alam semesta. Rasa cinta pada pasangan hidup, pada kedua orang tua, adik dan kakak atau anak-anak kita yang masih kecil. Rasa cinta yang terus bersemi dan mengalir.

Sebab semakin cinta itu dibagi dan diberikan, rasa itu justu akan kian bertambah menerangi jiwa dan sekujur raga kita.

DEMIKIANLAH, 10 dimensi yang berdasar riset ilmiah, terbukti merupakan elemen kunci dalam membentuk positive emotion dalam diri kita. Makin sering kita mendapatkan limpahan 10 dimensi ini, makin kayalah jiwa dan hati kita. Makin bahagialah hidup kita.

Joy
Gratitude
Serenity
Interest
Hope
Pride
Amusement
Inspiration
Awesomeness
Love

Kenanglah selalu 10 kata ini dalam perjalanan hidup kita. Demi masa depan hidup yang lebih damai, bahagia dan menentramkan.

Dapatkan Gratis – 5 Buku Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri yang Super Amazing. Download Now.